Langsung ke konten utama

Pulau Jeju Korea: Discover the Beautiful Island of the Gods


            Pulau Jeju adalah pulau sejuta keindahan, sejarah, dan kenangan. Pulau Jeju (Jeju-do) adalah pulau terbesar di Korea dan terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea. Pulau Jeju dijuluki Samdado, "Pulau yang Berlimpah dengan Tiga Hal" yaitu, bebatuan, wanita dan angin. Karena memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang unik. Berdasarkan Wikipedia, pulau jeju memiliki panjang garis pantai 253 km, luas keseluruhan 1.825 km². Suhu di Jeju dapat bervariasi, mulai dari tropis sampai subtriopis. Suhu rata-rata per tahunnya adalah 14,6 °C dan 4,7° di musim dingin. Keanekaragaman flora yang tumbuh di Jeju sangat berbeda dengan yang ada di Semenanjung Korea. Karena iklimnya yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai "Pulau Botani" karena kekayaan floranya.

            Sebenarnya, pulau Jeju merupakan tempat bersejarah bagi rakyat setempat atas peristiwa kelam berdarah pada periode pembentukan Republik Korea pada tahun 1948 sampai periode Perang Korea (1950-1953) di mana banyak warganya dibantai karena dianggap sebagai sarang pemberontak atau pengikut komunis. Karena mengalami kehidupan yang keras oleh tekanan penguasa, warga Jeju dikenal sebagai orang-orang yang tabah dan mampu bertahan dalam situasi yang sulit. Rakyat Jeju menyatakan tentang kehidupan mereka dengan ungkapan,” Kebahagiaan itu kecil seperti butir pasir, sementara kesedihan itu sebesar batu karang

            Namun, dibalik sejarah kelamnya. Pulau Jeju memiliki pesona alam yang sangat memukau. Seperti gambar diatas, menunjukkan gambaran Pulau Jeju dari ketinggian paling ujung. Pantai yang indah serta bukit dan tebing-tebing artistic yang berdampingan. Oleh karena itu,banyak wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeriberbondong-bondong untuk memanjakan mata disana.


            Salah satunya adalah gunung Hallasan, gunung tertinggi Korea yang terletak di pusat Pulau Jeju. Gunung Hallasan adalah gunung berapi aktif yang terdaftar sebagai situs Warisan Alam Dunia UNESCO. Meskipun ketinggiannya tinggi, itu pendakian yang cukup. Dari puncaknya, pejalan kaki dihadiahi dengan danau kawah besar yang indah di samping pemandangannya yang menakjubkan dari Jeju. Bahkan jika kita tidak tertarik untuk mendaki ke puncak, kita bisa menikmati ragam flora dan fauna yang ada. Hampir 6.000 spesies tanaman dan hewan ada di Pulau Jeju.

            Spot wisata menarik lainnya adalah air terjun Cheonjeyeon. Air terjun Cheonjeyeon menyuguhkan formasi batuan yang kompleks, dan air terjun yang menakjubkan. Air terjun ini jugadikenal sebagain Kolam Dewa, yang mana air terjun ada dimulai dari langit-langit gua yang jatuh dalam tiga bagian. Bagian air terjun pertama menghasilkan bagian kedua dan ketiga tempat semuanya mengalir bersama ke laut. Di sekitar air terjun yang luar biasa ini, tanaman dan bunga yang unik tumbuh. Pada bulan Mei, Jeju mengadakan Festival Chilseonyeo di mana banyak orang berkumpul untuk berenang di air terjun.


            Tempat ikonik lainnya yang paling favorit dikalangan wisatawan adalah kebun jeruk Jeju.  Yang khas dari jeruk ini adalah, jeruk ini punya ukuran yang jauh lebih besar dan berat dari pada jeruk tangerine biasa. Hal itu membuat pohon hagyul (pohon jeruk Jeju) ini memproduksi jumlah buah yang terbatas. Sehingga banyak permintaan di pasar, namun jumlah jerukyang dihasilkan tidak sebanyak permintaan. Jeruk ini memiliki karakter sedikit air, dengan rasa masam. Oleh karena itu, jeruk ini sangat cocok untuk diolah menjadi saus dan selai untuk dressing salad ataupun bahan makanan lainnya. Para ahli kecantikan Korea Selatan juga merekomendasikan produk dengan kandungan jeruk Jeju untuk dijadikan produk kecantikan. Karena kandungannya bermanfaat bagi kulit. Seperti mencerahkan wajah dan mencegah kerutan di wajah.

            Sebenarnya, Pulau Jeju adalah tempat impian yang saya idam-idamkan sejak lama. Saya berharap suatu saat bisa pergi kesana sembari melepas penat.

            Untuk mengunjunginya lebih disarankan saat musim panas atau musimsemi. Karena bunga-bunga akan bermekaran. Atau kita bisa ke Pulau Jeju di kisaran bulan Mei-Juni.karena pada saat itu, jeruk Jeju sedang panen.

            Sebuah tips yang saya dapatkan di internet, kita bisa terbang langsung dari Indonesia ke Jeju tanpa Visa. Ketentuannya, kita harus mengambil penerbangan yang langsung menuju ke Pulau Jeju (bisa dengan transit ke negara yang juga bebas Visa), dan kita bisa mendapatkan satu bulan tinggal di sana tanpa Visa.

            Kiranya cukup saya mendeskripsikan gambaran tentang Pulau Jeju. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat indah dan bersejarah di Pulau Jeju. Namun akan jadi novel nantinya jika saya menceritakan semuanya. Meskipun saya belum pernah kesana, semoga narasi ini bisa membantu dan menambah wawasan. Terimakasih sudah membaca.

Tarisya Nur Windari – F31192065 – Golongan C


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Kuliah di Prodi Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata, Politeknik Negeri Jember

       Hai, kembali lagi di blog saya. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya melaksanakan kegiatan perkuliahan di prodi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember. Pertama saya akan menceritakan latar belakang SMA saya terlebih dahulu. Oh iya,.. sebelum membaca ini pastikan volume speaker diaktifkan ya. Karena ada soundtrack di blog ini loh. Dijamin bikin rileks dan asyik membaca Latar Belakang SMA       Saya merupakan alumni SMAN 1 Situbondo yang beralamatkan di Jl.PB Sudirman, No. 5A, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Saya mulai bersekolah di SMAN 1 Situbondo sejak tahun 2016 dan lulus pada Juni 2019. Saya memasuki jurusan IPS. Saat kelas X saya berada di kelas X IPS 2. Dan saat kenaikan, terjadi rombakan semua siswa jurusan IPA dan IPS kecuali jurusan Bahasa (IBB). Padahal, tahun sebelumnya perombakan siswa hanya dilakukan pada jurusan IPA saja. Namun, entah apa yang terjadi tiba-tiba diadakan perombakan untuk kelas IPS juga saat kenaikan dari kelas X ke kelas XI. Di k

Pengalaman Belajar Mata Kuliah Komputer di Prodi D-3 Bahasa Inggris,Jurusan Bahasa Komunikasi Pariwisata, Politeknik Negeri Jember

Tarisya Nur Windari Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata D3 - Bahasa Inggris F31192065 Hai, nama saya Tarisya Nur Windari. Saya mahasiswa aktif Politeknik Negeri Jember sejak tahun 2019. Saya berasal dari D-3 Bahasa Inggris jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata Golongan C. NIM : F31192065. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti mata kuliah komputer yang dibimbing langsung oleh para dosen saya. Beliau adalah, Bapak Ihwan Huda Al Mujib, S.I.Kom, M.I.Kom. beliau menepuh pendidikan S1 di Universitas Merdeka Malang jurusan Ilmu Komunikasi dan melanjutkan ke S2 di Universitas Brawijaya. Beliau sebagai koodinator tim matakuliah komputer. Yang kedua adalah Bapak Muhammad Dzulkifli S.Pd,M.Sc. beliau menempuh S1 jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta dan melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Gadjah Mada jurusan Kajian Pariwisata. Beliau sebagai dosen asisten 1. Yang ketiga adalah Bapak Mushthofa Kamal S.Par, M.Par. Beliau menempuh pend