Langsung ke konten utama

Pengalaman Belajar Mata Kuliah Komputer di Prodi D-3 Bahasa Inggris,Jurusan Bahasa Komunikasi Pariwisata, Politeknik Negeri Jember



Tarisya Nur Windari
Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata
D3 - Bahasa Inggris
F31192065



Hai, nama saya Tarisya Nur Windari. Saya mahasiswa aktif Politeknik Negeri Jember sejak tahun 2019. Saya berasal dari D-3 Bahasa Inggris jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata Golongan C. NIM : F31192065. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti mata kuliah komputer yang dibimbing langsung oleh para dosen saya. Beliau adalah, Bapak Ihwan Huda Al Mujib, S.I.Kom, M.I.Kom. beliau menepuh pendidikan S1 di Universitas Merdeka Malang jurusan Ilmu Komunikasi dan melanjutkan ke S2 di Universitas Brawijaya. Beliau sebagai koodinator tim matakuliah komputer. Yang kedua adalah Bapak Muhammad Dzulkifli S.Pd,M.Sc. beliau menempuh S1 jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta dan melanjutkan pendidikan S2-nya di Universitas Gadjah Mada jurusan Kajian Pariwisata. Beliau sebagai dosen asisten 1. Yang ketiga adalah Bapak Mushthofa Kamal S.Par, M.Par. Beliau menempuh pendidikan S1 Pariwisata di Universitas Pendidikan Indonesia dan melanjutkan S2-nya di Institut Teknologi Bandung jurusan Perencanaan Kepariwisataan. Beliau adalah dosen asisten 2. Dan  dibantu dengan teknisi yaitu Bapak Tri Wahyu Nur Cahyo, A.Md. Beliau lulusan Politeknik Negeri Jember prodi Bahasa Inggris. Jadi, beiau menimba ilmu di Politeknik Negeri Jember dan kembali mengabdi ntuk Politeknik Negeri Jember.

Pada awal saya memasuki awal perkuliahan, saya dipertemukan dengan matakuliah komputer yang bisa dibilang merupakan matakuliah atau mata pelajaran yang saya sukai sejak bangku SMP. Pada awalnya kami semua satu kelas diberikan pengetahuan tentang Microsoft Excel  yang dibimbing langsung oleh Bapak Ihwan Huda Al Mujib, S.I.Kom, M.I.Kom dan Bapak Mushthofa Kamal S.Par, M.Par. Saya merasa senang, karena saya sudah memiliki beberapa basic mengoperasikan Microsoft Excel. Namun, materi yang diberikan sangat bertolak belakang dengan basic yang telah saya miliki. Karena, materi Excel kali ini mempelajari tentang rumus-rumus yang mengaitkan dengan logika. Dan itu belum saya pelajari sama sekali. Disini saya tertantang untuk mempelajari lebih dalam dan lebih serius lagi. Beberapa tahapan bisa saya lewati dengan pasti walaupun itu lama. Mempelajari Excel benar-benar membuat otak ini memanas. Saya benar-benar dibuat pusing olehnya. Hampir setengah semester kami semua mempelajari tentang Microsoft Excel. Disini saya dapat menarik kesimpulan bahwa, sebenarnya Microsoft Excel itu sangat mempermudah pekerjaan kita apalagi saat mengolah data dalam suatu bisnis,instanti dan lain sebagainya. Tergantung bagaimana otak kita menangkap materinya dan memainkan logika nya seperti apa. Semakin kita paham akan logika yang dimainkan dalam Excel, maka kecerdasan otak kita semakin meningkat.


Setelah menghadapi Ujian Tengah Semester, kami semua memasuki babak baru dalam mata kuliah. Kami mempelajari tentang Microsoft Word yang dipipimpin oleh Bapak Muhammad Dzulkifli S.Pd,M.Sc beserta Bapak Musthofa Kamal S.Par, M.Par.  Saya awalnya menganggap remeh materi ini karena saya sudah sering menggunakannya. Tapi ternyata, tidak semudah itu Ferguso...hehehehehe. disini kami diajarkan bagaimana membuat daftar isi secara otomatis, mempelajari tentang heading, membuat daftar pustaka yang sesuai aturan yang ada, membuat caption untuk tabel dan gambar, membuat nomor halaman yang benar, dan masih banyak lagi. Awalnya saya kira ini gampang. Ternyata kerumitannya sama halnya dengan mempelajari tentang Microsoft Excel. Sangat-sangat rumit. Seperti hubungan saya dengan Park Chanyeol yang rumit . Saat mempelajari materi ini, selalu saja ingin marah, ingin teriak. Karena pusing, dan terkadang lupa dengan langkah-langkahnya. Terkadang saya mengatasi hal tersebut dengan membuka Youtube di meja komputer saya yang sudah terkoneksi dengan internet. Disitu saya menggunakan headphone yang ada dihadapan saya untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaan, lagu yang bisa bikin rileks, dan mendengarkan instrument piano dari pianis favorit saya. Saya melakukan itu sambil mengerjakan tugas yang telah diberikan kok,.. wkwkwkwk. Maaf ya pak.


Baru saja saya telah menyelesaikan materi tentang Microsoft Word. Dan sekarang kita semua memasuki babak baru. Yaitu, mempelajari tentang Microsoft Power Point. Saya merasa mudah dalam mengoperasikan Microsoft Power Point walaupun baru satu pertemuan. Meskipun Pak Kamal memberikan tugas hanya membuat PPT secara sederhana, saya menambahkan beberapa aksen gambar kartun didalamnya yang saya download di internet. Disini saya hanya ingin menggunakan badan dari kartunnya saja. Tidak mengikutsertakan background yang ada. Disini saya menggunakan fitur remove background. Disitu kita bisa memotong background secara otomatis. Rasanya saya tidak sabar dengan pertemuan selanjutnya dengan materi Microsoft Power Point. Karena Microsoft Power Point kita dituntut untuk menjadi designer dalam materi presentasi.

Manfaat mempelajari matakuliah komputer banyak sekali, tidak dapat didefinisikan secara jelas karena saking banyaknya. Mungkin syaa akan menyebut beberapa saja. Seperti, mempermudah membuat skripsi atau TA, membuat proposal, makalah, mengolah data pada suatu perusahaan, mengelola keuangan secara otomatis.  Hanya itu yang bisa saya definisikan. Karena, jika dijelaskan secara lengkapakan membuat jari-jari ini menjadi langsing seperti Lisa BLACKPINK.


Hal yang paling berkesan saat mata kuliah komputer adalah disaat ada games yang terselip saat pembelajaran. Disitu tak hanya permainan belaka, namun terselip hal-hal yang berbau tentang materi yang telah kita pelajari. Apalagi pemenangnya mendapatkan hadiah berupa snack yang lumayan buat mengganjal perut setelah menghadapi mata kuliah yang sangat membuat seluruh tubuh emosi. Dan yang membuat berkesan adalah, Pak Kamal selalu sabar dengan kami semua yang banyak tanya, banyak ngeluh. Yang ketiga adalah, saya sangat suka ketika Pak Kamal memutar instrument piano. Dan kebetulan saya sangat suka akan hal-hal yang berbau piano. Saat belajar, saya sering memutar instrument piano dirumah atau dikosan. Dan saya sedikit kaget ketika Pak Kamal memutar instrument piano saat jam perkuliahan berlangsung. Namun, saya senang jadi bisa lebih rileks saat mengikuti mata kuliah komputer. Apalagi, diberikan tugas yang lumayan membuat kita harus memutar otak lebih keras. Sebenarnya, saya ingin tahu siapa pemain instrument piano yang sering Pak Kamal putar untuk kita semua. Dan kalau ada channel youtube nya saya penasaran. Pak, boleh bagi channel youtube nya nggak? Hehehehehehe. Karena selama ini pianis yang saya suka hanya Riyandi Kusuma yang berhasil memikat hati. Dan saya jatuh cinta pada instrument piano yang sering Pak Kamal putar untuk kita semua.

Hal yang tidak berkesan adalah, saat tugasnya menurut saya sulit sekali. Terutama dalam materi Excel, disini yang paling membuat jengkel adalah ketika Pak Mujib benar-benar tidak memberitahu kami tentang penyelesaian akan hal yang membuat kami kesulitan. Memang sih tujuannya baik, agar kita bisa berpikir kritis, berpikir cerdas, bernalar dan lain sebagainya. Tapi, tetap saja bikin jengkel. Karena kita tidak tahu penyelesaiannya. Yang kedua saya sangat jengkel dengan teman sebelah saya yang bernama Prastha. Dia selalu merasa paling bisa, menyombongkan dirinya, padahal nol. Dia merasa bisa tapi jika ada temannya yang ingin menanyakan hal yang tidak bisa, dia sangat pelit untuk membagikan ilmunya yang “katanya” dia sangat bisa. Dan terkadang dia suka membicarakan hal-hal yang tidak jelas dihadapan para dosen maupun teman-teman. Itu hal yang paling saya tidak suka. Dia tidak ingin dikalahkan oleh siapapun itu yang saya tidak suka. Karena pada dasarnya semua orang itu akan berproses dalam mencapai goals mereka. Entah bisa mengalahkan yang lain atau bahkan berada di bawah yang lain.

Untuk hal yang perlu diperbaiki sampai saat ini, saya masih belum menemukan. Mungkin, adanya permainan dalam komputer agar kita tidak terlalu tegang.

JTerima kasih telah membaca J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulau Jeju Korea: Discover the Beautiful Island of the Gods

            Pulau Jeju adalah pulau sejuta keindahan, sejarah, dan kenangan. Pulau Jeju  ( Jeju-do ) adalah p ulau  terbesar di K orea  dan terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea . Pulau Jeju dijuluki  Samdado , "Pulau yang Berlimpah dengan Tiga Hal" yaitu, bebatuan , wanita  dan angin . Karena memiliki keindahan alam  dan kebudayaan  yang unik . Berdasarkan Wikipedia, pulau jeju memiliki panjang garis pantai 253 km, luas keseluruhan 1.825 km². Suhu di Jeju dapat bervariasi, mulai dari tropis sampai subtriopis. Suhu rata-rata per tahunnya adalah 14,6 °C dan 4,7° di musim dingin . Keanekaragaman flora  yang tumbuh di Jeju sangat berbeda dengan yang ada di Semenanjung Korea. Karena iklimnya yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai "Pulau Botani" karena kekayaan floranya.             Sebenarnya, pulau Jeju merupakan tempat bersejarah bagi rakyat setempat atas peristiwa kelam berdarah pada periode pembent

Pengalaman Kuliah di Prodi Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata, Politeknik Negeri Jember

       Hai, kembali lagi di blog saya. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya melaksanakan kegiatan perkuliahan di prodi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember. Pertama saya akan menceritakan latar belakang SMA saya terlebih dahulu. Oh iya,.. sebelum membaca ini pastikan volume speaker diaktifkan ya. Karena ada soundtrack di blog ini loh. Dijamin bikin rileks dan asyik membaca Latar Belakang SMA       Saya merupakan alumni SMAN 1 Situbondo yang beralamatkan di Jl.PB Sudirman, No. 5A, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Saya mulai bersekolah di SMAN 1 Situbondo sejak tahun 2016 dan lulus pada Juni 2019. Saya memasuki jurusan IPS. Saat kelas X saya berada di kelas X IPS 2. Dan saat kenaikan, terjadi rombakan semua siswa jurusan IPA dan IPS kecuali jurusan Bahasa (IBB). Padahal, tahun sebelumnya perombakan siswa hanya dilakukan pada jurusan IPA saja. Namun, entah apa yang terjadi tiba-tiba diadakan perombakan untuk kelas IPS juga saat kenaikan dari kelas X ke kelas XI. Di k